Register       Sign In
KADIN DKI Jakarta - Logo KADIN DKI Jakarta
Columns Info All Columns All Columns Domestic Columns Domestic Columns Foreign Columns Foreign Columns
Created: 25 May 2016 10:00:36 Rated: Viewed: 1287 time(s)

KADIN JAKARTA & LKPP LAKSANAKAN PELATIHAN LELANG CEPAT

Kadin DKI Jakarta-Sosialisasi dan Pelatihan Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP)

Jakarta - Kamar  Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta bekerjasama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP) atau Vendor Management System, pada hari Rabu, (18/5), di gedung LKPP Epicentrum Jakarta.


Sosialisasi dan Pelatihan ini bertujuan membantu para penyedia barang/ jasa khususnya anggota KADIN DKI Jakarta agar dapat mengisi data di dalam aplikasi SIKaP yang beralamat di http://sikap.lkpp.go.id.
Sekitar 300 peserta yang terhimpun dari perusahaan yang terdaftar sebagai Anggota KADIN DKI Jakarta ikut dalam sosialisasi dan pelatihan SIKap ini.

Dalam sosialisasi dan pelatihan tersebut, para penyedia barang dan jasa dilatih untuk mengisi data perusahaannya masing-masing di aplikasi SIKap, mulai dari data identitas, pajak, pengalaman, keahlian, pegawai, akte pendiriannya, surat izin usaha, inventaris yang dimiliki atau dapat disewakan, serta preferensi perusahaan terhadap lokasi atau proyek yang mampu dikerjakan sesuai kapasitasnya.

SIKap ini merupakan sistem pengadaan secara elektronik yang digunakan untuk mengelola data/ informasi mengenai riwayat kerja/ data kualifikasi penyedia barang/ jasa yang dikembangkan oleh LKPP, sehingga pemilihan penyedia dapat dilakukan dengan cepat.

Dengan implementasi sistem ini, diharapkan proses pengadaan dapat berjalan lebih cepat, efisien, efektif tanpa meninggalkan asas akuntabilitas dan transparan, sehingga SIKap dapat menjadi sumber daftar penyedia yang tepat untuk mengerjakan proyek pekerjaan dari lembaga pemerintah atau institusi negara.

Pembukaan pelatihan diawali dengan sambutan Ketum Kadin DKI Jakarta oleh Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang. Lebih lanjut dalam sambutannya Sarman Simanjorang menyampaikan kegelisahan pelaku UKM yang terancam kelangsungan usahanya akibat kebijakan pemprov DKI Jakarta yang menerapkan tender konsolidasi yang pelan pelan akan mematikan UKM. 

Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Umum Kadin Indonesia yang diwakili Kepala Staff Kantor Kadin Indonesia Herman Heru Suprobo yang berharap agar Pelatihan ini juga dapat di lakukan diseluruh Kadin Provinsi seluruh Indonesia. Dan sambutan terakhir dari Kepala LKPP DR.Agus Prabowo sekaligus membuka secara resmi Pelatihan SIKap. Dalam sambutannya Kepala LKPP menyampaikan bahwa sistem SIKap ini merupakan terobosan LKPP dalam rangka mewujudkan reformasi pengadaan barang dan jasa  yang adil dan kredibel. Ada 4 pilar pendekatan dalam pengadaan barang dan jasa yang saat ini diterapkan yaitu Regulasi,SDM dan Kelembagaan,Market Operation dan Integrity atau yang tidak korupsi. 

Menyikapi kebijakan lelang Terintegrasi yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta dimana paket proyek yang kecil di gabungkan jadi satu sehingga nilainya besar dan diberikan kepada BUMN, bahwa kebijakan tersebut terlalu cepat dan terburu buru diterapkan dan tidak ideal. Kebijakan tersebut akan mematikan 6000 UKM yang selama ini menjadi rekanan pemprov DKI Jakarta. Kedepan kita harus menciptakan UKM yang memiliki spesifikasi tertentu sehingga mampu bersaing dan mengerjakan pekerjaan dengan berbagai bidang. Jangan ada lagi UKM palugada alias perlu apa gua ada atau general contraktor akan tetapi UKM yang memiliki spesifikasi tertentu.

Pelatihan ini dibuka untuk angkatan kesatu dan jika peminat masih banyak, maka akan dilaksanakan pelatihan angkatan kedua untuk mempermudah pelaku usaha mengikuti berbagai proyek di lingkungan pemerintah.

Setiap peserta diwajibkan membawa laptop dan dokumen perusahaan untuk dapat di input dalam sistem aplikasi SIKap dan kepada peserta akan diberikan sertifikat.

 

SARMAN SIMANJORANG
Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta
 
Rate this Columns:
Comments
Leave Your Comment
KADIN Provinsi DKI Jakarta (Jakarta Chambers of Commerce & Industry) © 2009
Jl. Majapahit No. 18 - 22, Jakarta 10610, Indonesia | Phone: 62-21-3808091, 3844533 | Fax: 62-21-3844549
Website: www.kadinjakarta.or.id | Email: sekretariat@kadinjakarta.or.id or kadinjkt@indosat.net.id