Register       Sign In
KADIN DKI Jakarta - Logo KADIN DKI Jakarta
Columns Info All Columns All Columns Domestic Columns Domestic Columns Foreign Columns Foreign Columns
Created: 12 Aug 2010 10:40:02 Rated: Viewed: 2382 time(s)

Pengusaha siap bayar THR tepat waktu

Nurudin Abdullah-Bisnis Indonesia

JAKARTA: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DKI Jakarta memperkirakan seluruh perusahaan siap membayar tunjangan hari raya (THR) kepada karyawannya paling lambat 7 hari sebelum Lebaran.

Ketua Umum Apindo Jakarta Soeprayitno mengatakan kesiapan itu untuk memenuhi hak karyawan kendati sebagian besar perusahaan Ibu Kota terpaksa menanggung beban kenaikan tarif dasar listrik dan tarif jalan tol.

"THR itu merupakan gaji ke-13 yang menjadi hak milik karyawan perusahaan yang dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum Lebaran," katanya, kemarin.

Sampai dengan saat ini, menurut dia, pihaknya belum menerima laporan perusahan anggota Apindo keberatan membayar THR sesuai ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Tanaga Kerja No.04/1994 tentang Pembayaran THR Keagamaan.

Soeprayitno menjelaskan THR merupakan hak karyawan yang harus dialokasikan ketika perusahaan menyusun rencana kerja dan anggaran di tiap awal tahun.

Untuk mengantisipasi pengeluaran sejumlah pos secara bersamaan, dia mengimbau biaya THR ditetapkan sebagai pos skala prioritas agar tidak mengganggu cash flow.

"Pembayaran THR menjadi prioritas sementara pembayaran kepada mitra, misalnya tagihan rekening listrik PT Perusahaan Listrik Negara yang akan diupayakan penangguhan pembayarannya," ungkap Soeprayitno.

THR bertahap

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Jakarta (Kadin Jaya) Yukki N. Hanafi menyatakan perusahaan wajib membayar THR kepada karyawan sesuai ketentuan yang berlaku di Indonesia.

"Siap atau tidak siap, perusahaan harus membayar THR, walaupun kondisi bisnisnya sekarang kurang menguntungkan akibat dampak kenaikan barbagai biaya modal," kata Yukki.

Bila perusahaan tidak mampu membayar THR, dia menyarankan pengusaha bermusyawarah dengan karyawan untuk mencari jalan terbaik memecahkan masalah itu.

Yukki mengungkapkan pengusaha bisa membayar THR secara bertahap sesuai kesepakatan dengan karyawan jika keuangan perusahaan tidak mencukupi membayarnya secara langsung.

Rate this Columns:
Comments
Leave Your Comment
KADIN Provinsi DKI Jakarta (Jakarta Chambers of Commerce & Industry) © 2009
Jl. Majapahit No. 18 - 22, Jakarta 10610, Indonesia | Phone: 62-21-3808091, 3844533 | Fax: 62-21-3844549
Website: www.kadinjakarta.or.id | Email: sekretariat@kadinjakarta.or.id or kadinjkt@indosat.net.id