Register       Sign In
KADIN DKI Jakarta - Logo KADIN DKI Jakarta
Opportunities Info -Peraturan / Regulation
Created: 09 Dec 2014 14:36:41 Rated: Viewed: 12779 time(s)

PERATURAN GUBERNUR NO 176 Th 2014 TENTANG UMP 2015

 

 

 

 

 

 

Rate this article:
Comments
05 Jul 2015 13:11:17 by Inisial M

Perihal: Keluhan Pekerja Kontrak   

 

Kepada Yth.:

Depnakertrans dan Dewan Pengupahan DKI Jakarta

 

Dengan hormat, 

Saya adalah salah satu pekerja kontrak d PT Jakadara Aircraft Sevice yang bekerja sebagai Helper Mekanik di PT GMF Aero Asia di area bandara Soekarno-Hatta. Di tempat saya bekerja terdiri beberapa outsourching, yang masing2 outsourching tersebut memiliki kebijakan yang bebeda-beda terhadap para pekerjanya. Saya dan teman sangat kesulitan untuk memperjuangkan hak-hak kami karena kami tidak memiliki serikat pekerja kontrak, dan apabila kami mennyuarakan keluhan selalu ada ancaman pemutusan kontrak kerja secara sepihak dan sering kami dengar "; yang ingin kerja di luar sana banyak, kalau tidak mau ikut aturan dan nurut  kalian saya coret";. Pada hal ini saya tidak merujuk satu PT outsourching saja melainkan secara keseluruhan karena masing- masing PT melakukan hal yang berbeda-beda yang memberatkan pekerja. Bengan ini saya sampaikan beberapa hal dari PT outsourcing tersebut dan saya sebutkan inisial PT  A, B, C dan D:

  1. PT A mengelur kenaikan upah sampai bulan 7 tanpa alasan yang jelas dan perhitungan rapel yang tidak jelas atau hanya membayarkan rapel gaji pokok dan repel lemburan tidak di bayarkan.
  2. PT B menunda kenaikan gaji sampai bulan 7 tetapi tidak menerima rapel gaji pokok.
  3. PT C membayarkan gaji terhadap para pekerja sesuai dan di atas gaji UMP tetapi tidak membayar lembur pekerja saat berkerja pada hari libur atau tanggal merah.
  4. PT D pembayaran upak lebih transparan dan sesuai dengan UMP/UMK.

Dari hal di atas sekiranya harapan saya untuk Dinas terkait melakukan audit rutin kepada PT outsourching yang ada dan khususnya dalam hal ini PT outsourching di PT GMF Aeroasia agar hak kebutuhan hidup layak dapat tercapai bagi para pekerja kontrak. Dan demi keamanan saya sebut nama saya inisial M agar saya terhindar dari ancaman pemutusan kontrak sepihak.

 

Atas perhataiannya dan kebijaksanaanya kepada pihak terkait, saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat saya, 

Jakarta, 05 Juli 2015

 

 

 

Inisial M

20 Jun 2015 10:47:54 by Roganda nainggolan

 Saya tenaga kerja outsourcing salah satu perusahaan, upah yang saya terima yakni 240000. Dan saya saat ini kerja sebagai satpam di KEMENKUM HAM ( A H U ).tolong penjelasannya.

mohon maaf nama saya roganda nainggolan merantau ke jakarta mau merubah nasib supaya sejahtera.

Leave Your Comment
KADIN Provinsi DKI Jakarta (Jakarta Chambers of Commerce & Industry) © 2009
Jl. Majapahit No. 18 - 22, Jakarta 10610, Indonesia | Phone: 62-21-3808091, 3844533 | Fax: 62-21-3844549
Website: www.kadinjakarta.or.id | Email: sekretariat@kadinjakarta.or.id or kadinjkt@indosat.net.id