Register       Sign In
KADIN DKI Jakarta - Logo KADIN DKI Jakarta
News Info All News All News Domestic News Domestic News Foreign News Foreign News
Created: 25 May 2016 10:25:27 Rated: Viewed: 717 time(s)

BSK DKI Jakarta Antisipasi Pemberlakuan Standar Kompetensi Di ASEAN

 Jakarta, 24 Mei 2016


Dengan sudah berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) per Januari 2016, Badan Sertifikasi KADIN (BSK) DKI Jakarta mengantisispasi dengan segera memberlakukan standar kompetensi yang memenuhi standar di ASEAN. Apalagi di era MEA seperti saat ini, ASEAN sudah menjadi basis produksi tunggal lima elemen inti seperti arus barang, jasa keuangan, investasi, tenaga kerja terampil, dan arus modal intra kawasan yang bergerak bebas tanpa hambatan.

"Artinya kami akan segera mengadakan penyesuaian yang sebelumnya diadakan penjajagan di sejumlah negara ASEAN. Penyesuaian standar kompetensi sertifikasi berstandar internasional ini menjadi dasar untuk meningkatkan daya saing. Sementara itu tolak ukur kompetensi berkaitan dengan peningkatan mutu, sehingga pada dasarnya perolehan sertifikasi kompetensi dikaitkan dengan sertifikasi keahlian," papar Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Eddy Kuntadi, yang berbicara pada Raker II Badan Sertifikasi KADIN DKI Jakarta, Selasa (24/5).

Di era globalisasi seperti ini salah satu faktor penentu daya saing ditentukan juga oleh kepemilikan sertifikasi kompetensi yang memenuhi standar. Itu sebabnya tambah dia, KADIN DKI menantang BSK SKI \, agar tidak hanya memenuhi ISO 9001:2008 tentang Mutu Pelayanan dari Badan Setifikasi TUV Sud untuk sekretariat BSK DKI Jakarta saja, melainkan memenuhi juga standar internasional untuk sertifikasi kompetensinya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua BSK DKI Jakarta, Berry B. Purba menyatakan, "Saat ini kami tengah mengadakan penjajagan juga dengan konsulyan dari Australia. Ini sejalan dengan TUV yang juga berasal dari negara yang sama. Dengan demikian BSK akan segera menindaklanjuti, mengingat akan ada rekomendasi untuk meningkatkan mutu, sehingga mampu memenuhi standar internasional.


Sumber dan berita selengkapnya di Business News, Rabu, 25 Mei 2016
Rate this article:
Comments
Leave Your Comment
KADIN Provinsi DKI Jakarta (Jakarta Chambers of Commerce & Industry) © 2009
Jl. Majapahit No. 18 - 22, Jakarta 10610, Indonesia | Phone: 62-21-3808091, 3844533 | Fax: 62-21-3844549
Website: www.kadinjakarta.or.id | Email: sekretariat@kadinjakarta.or.id or kadinjkt@indosat.net.id